Jumat, 15 Juni 2012

Lembah Harau


Lembah arau terletak di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto, Propinsi Sumatera Barat. Dengan jarak tempuh sekitar 130 km dari Padang.
Lembah Harau mempunyai tujuh air terjun yang mempesona. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter. Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau.  Memasuki Taman Wisata Lembah Harau, sebelah kiri dan kanan kita dikelilingi dengan tebing - tebing tinggi. Tebing itu tegak dengan kokohnya dan mengelilingi lembah.
Ada beberapa nama kawasan yang menarik pada lokasi okjek wisata lembah arau. Pada kawasan Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, yang memberikan nuansa alam yang sejuk juga di gunakan untuk  olah raga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal. Disini juga terdapat fasiltas penginapan berupa homestay yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang ingin menginap lengkap dengan fasilitasnya.
Untuk kawasan Sarasah Bunta yang terletak disebelah timur Aka Barayun, memiliki empat air terjun  Aie Luluih,  Bunta, Murai dan Aie Angek.   Sarasah Aie Luluih,  air yang mengalir melewati dinding batu dan dibawahnya mempunyai kolam tempat mandi alami yang asri, dari cerita dari orang tua-tua dulu, ada kepercayaan mandi atau membasuh muka di sarasah aie luluih dapat mengobati jerawat dan muka akan terlihat cantik dan awet muda.
Sarasah Bunta dimana sarasah ini mempunyai air terjunnya yang indah seperti bidadari yang sedang mandi apabila terpancar sinar matahari siang sehingga dinamakan “Sarasah Bunta” .
Sarasah Murai , pada sarasah ini sering pada siangnya burung murai mandi sambil memadu kasih sehingga masyarakat menamakan “Sarasah Murai “.
Pada Sarasah Aie Angek belum banyak dikunjungi wisatawan, airnya agak panas berada arah keutara dari “Sarasah Murai”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar